Indosat: Wiigo Android Buatan Indonesia





Indosat mengklaim ponsel Qwerty Android Wiigo yang baru saja diperkenalkannya di ajang Indonesia Celullar Show 2010 adalah asli buatan Indonesia.

"Wiigo pakai handset bikinan Indonesia 100%," kata Teguh Prasetya, Group Head VAS Marketing Indosat, kepada detikINET, Sabtu (17/7/2010).

Ponsel yang menggunakan sistim operasi (OS) Android 1.6 itu, kata Teguh, dikembangkan bersama antara Indosat dengan vendor Simplimobile. Mulai dari perakitan hingga pengembangan aplikasinya.

"Indosat di sini ikut terjun. Kami masuk sampai level R&D (riset dan pengembangan). Think thank-nya kan Indosat. Sementara Simplimobile, dulunya content provider," kata Teguh.

Meski baru menggunakan OS Android 1.6 (Doughnut), namun kata Teguh, handset ini nantinya bisa di-upgrade ke OS Eclair maupun Froyo.

"Kami waktu itu pakai yang 1.6 karena sudah masuk R&D satu tahun. Namun itu upgreadable dalam waktu dekat. Sedang dikembangkan internal dulu," jelasnya.

Paket Wiigo yang dipasarkan Indosat terdiri dari sebuah ponsel Android Qwerty dan layanan internet on demand ala BlackBerry. Ponsel ini memiliki kemampuan email (POP3, IMAP), chat, jejaring sosial, dan aplikasi lainnya. Namun jika tidak berlangganan layanan data, ponsel itu masih bisa digunakan untuk panggilan suara dan SMS.

Sayangnya, ponsel ini hanya punya kemampuan akses jaringan maksimal 2,75G EDGE. Namun ke depan, kemampuannya mungkin ditingkatkan jadi 3G. Teguh mengungkapkan, Indosat dan Simplimobile akan kembali menghadirkan varian baru dari Wiigo tersebut.

"Saat ini memang baru satu jenis yakni Wiigo T1. Tapi nantinya akan ada dua jenis lagi. Jumlah yang kami sediakan hingga akhir tahun 200 ribu unit," pungkas dia.

2 komentar:

GSM Remote Control on February 26, 2011 at 4:11 AM said...

That was a really good article, thanks for taking the time to put it together! You have managed to point out some very good points. I can't say that I completely agree about some points, but you certainly have a unique perspective. Anyway, I like your post

Gate Remote Control on August 18, 2011 at 11:25 AM said...

Excellent blog and great posts.I really liked the way you present your ideas to the readers.

Post a Comment

 

blog-warta.blogspot.com. Copyright 2012 All Rights Reserved