Download RockMelt Browser untuk Pecinta Facebook





Download RockMelt Browser untuk Pecinta Facebook. Ingat browser Netscape Communications ? Ya, jika Anda menggunakan internet sejak pertengahan era 1990-an, nama tersebut tentu tidak asing. Sebelum Internet Explorer, browser buatan AOL itu menjamur di seluruh dunia. Diketahui 90 persen pengguna internet memakai Netscape untuk berselancar.

Sayangnya, mulai akhir tahun 2006, pangsa pasar Netscape terus jatuh dan browser web didominasi oleh browser bawaan Microsoft Windows, Internet Explorer. Lalu, kemana perginya Netscape?

Setelah mengalami hibernasi lebih dari satu dekade, Netscape berubah wajah. Sosok di belakang Netscape, Marc Andreessen, diam-diam mengucurkan dana segar untuk sebuah browser baru yang ditargetkan untuk pengguna jejaring sosial.

Ialah RockMelt, browser baru yang coba mengambil pendekatan yang sangat berbeda dari browser-browser yang ada saat ini: RockMelt terintegrasi langsung dengan Facebook dan sejumlah situs jejaring sosial. Browser jejaring sosial? Tentu saja, Anda harus terdaftar di Facebook terlebih dulu sebelum menggunakannnya.

Kelebihannya, selain mengupdate status secara real-time, pengguna juga dapat menulis tweet langsung dari RockMelt. Ada pula instant messaging milik Facebook, yakni Facebook Chat, agar pengguna tetap dapat berhubungan langsung dengan teman-temannya di Facebook. Pengguna bahkan bisa meng-update status dan membagi informasi langsung dari laman Web.

Sesungguhnya, RockMelt bukanlah penggagas ide ini. Jika Anda ingat, ide browser jejaring sosial pertama kali diusung oleh browser Flock sekitar tiga tahun silam. Fitur serupa RockMelt juga dimiliki Flock, namun sayangnya ia hadir ketika jejaring sosial belum selular biasa sekarang.



Tampilan antarmuka RockMelt tak jauh beda dengan browser lain. Perbedaan yang mencolok adalah pada sidebar yang terletak pada sisi kiri dan kanan browser. Jika di sisi kiri, Anda bisa menata daftar teman, di sisi kanan Anda bisa melihat daftar situs sosial favorit Anda.

Sesuai namanya, browser ini memang ditujukan bagi para pengguna jejaring sosial obsesif. "Apakah Anda mengunjungi situs yang sama 10 kali dalam sehari? Mengecek posting dan update terbaru di akun jejaring sosial Anda?," tulis RockMelt dalam keterangannya, seperti dikutip VIVAnews dari TG Daily, Senin 15 November 2010.

"Nah, RockMelt akan menghubungkan seluruh jejaring sosial untuk Anda. Memberikan alert ketika ada cerita terbaru dari teman, foto yang baru diposting, dan video-video baru yang diupload," tandasnya. "Ketika Anda membuka RockMelt, berbagai konten dan update sudah menunggu. Anda bisa like, komentar, balas, retweet, atau membaginya, semua bisa dilakukan langsung dari browser."

Menarik diketahui, RockMelt mengklaim browsernya mempunyai fasilitas pencarian lebih cepat dan lebih baik. Selain itu, ia juga didukung komputasi awan. Sehingga, pengguna dapat mengakses riwayat browsing-nya dari mana saja.

RockMelt tersedia untuk OS Windows dan Macintosh. Namun, sementara browser anyar versi Beta tersebut belum dapat dinikmati di beberapa wilayah, termasuk Indonesia. Jika ingin registrasi sebagai pengguna pertama, Anda dapat menghubungkannya dengan akun Facebook Anda di sini. (sj)

0 komentar:

Post a Comment

 

blog-warta.blogspot.com. Copyright 2012 All Rights Reserved