Playbook, iPad atau Galaxy Tab, Siapa Unggul?





Sesuai jadwal, Research In Motion (RIM) baru saja menghadirkan tablet PC canggih yang siap menghadang Apple iPad dan Samsung Galaxy Tab. BlackBerry PlayBook, tablet PC perdana besutan RIM yang diluncurkan di sela BlackBerry Developer Conference (DevCon 2010).

Tak ada yang salah dengan langkah RIM menelurkan produk tablet PC. Meski lebih populer dengan perangkat BlackBerry-nya, sejumlah pihak menilai tablet PC berbasis Internet milik RIM cukup kuat dan mempunyai segmen tersendiri.

Memang, supaya terlihat menarik dan mampu bertahan di pasar, RIM perlu memutar otak untuk mengantarkan sebuah produk yang berbeda. Tak hanya sistem operasi tetapi juga fisik dan desainnya.

Ya, jika BlackBerry PlayBook disejajarkan dengan Galaxy Tab dan Apple iPad, perbedaan yang mencolok terletak pada ukuran ketiganya. BlackBerry PlayBook dan Galaxy Tab merasa cukup dengan layar sebesar 7-inci, sedangkan ukuran layar Apple iPad hampir 10-inci.

Jika Anda termasuk orang yang bermobilitas tinggi, Samsung Galaxy Tab dan BlackBerry Playbook lebih cocok karena ringan dan simpel. Tetapi, jika Anda menginginkan layar yang lebih besar, silakan pilih iPad. Semua tergantung selera masing-masing.

Namun, untuk resolusi dan ketajaman layar, Apple iPad masih juaranya. Produk itu hadir dengan resolusi 1024x768 piksel pada layar IPS 9,7-inci. Spesifikasi ini lebih tajam dibandingkan milik Galaxy Tab yang datang dengan layar sentuh WSVGA 7-inci kapasitif beresolusi 1024x600 piksel, maupun BlackBerry Playbook dengan layar TFT multi-touch screen sebesar 7-inci beresolusi 1024x600 piksel.

Bagi Anda yang masih bimbang, berikut perbandingan antara BlackBerry Playbook, Samsung Galaxy Tab, dan Apple iPad yang dilihat dari berbagai spesifikasi:
Perbandingan Tablet Internet
BlackBerry Playbook
Galaxy Tab
Apple iPad
Prosesor
1GHz Dual Processor
1GHz Samsung Hummingbird
1GHz Apple A4
OS
BlackBerry Tablet OS/QNX
Android 2.2 Froyo
iOS 4
Layar
7-inci, WSVGA, multi-touch screen
7-inci, TFT multitouch
9,7-inci, LED multitouch
Resolusi
1024x600 piksel
1024x600 piksel
1024x769 piksel
Berat
14 ons
13,4 ons
25,6 ons
Kapasitas
Belum diketahui
32GB internal, microSD sampai 32GB
16GB, 32GB, atau 64GB
Wi-Fi
Ada
Ada
Ada
Bluetooth
Ada
Ada
Ada
Kamera belakang
Ada (5MP)/HD
Ada (3,2MP)
Tidak ada
Kamera depan
Ada (3MP)/HD
Ada (1,3MP)
Tidak ada
GPS
Ada
Ada
Ada
Flash Video
Belum diketahui
Ada
Tidak ada
Telepon
Belum diketahui
Ada
Tidak ada
Kios Aplikasi
BlackBerry App Store
Android Market
Apple App Store
Seperti yang Anda lihat, BlackBerry Playbook lebih unggul dari iPad dan Galaxy Tab di sisi kinerja, di mana RIM menyematkan dual-processor 1GHz untuk Playbook. Sementara itu, iPad lagi-lagi kalah telak dari BlackBerry Playbook dan Galaxy Tab di sisi kamera. Galaxy Tab dan Playbook masing-masing mempunyai dua kamera.

Perbandingan ini bisa terus berubah, seiring munculnya update untuk masing-masing OS. Kini, silakan Anda pilih tablet PC mana yang sesuai dengan kebutuhan dan bisa menunjang gaya hidup Anda. (bestblackerry.com)

0 komentar:

Post a Comment

 

blog-warta.blogspot.com. Copyright 2012 All Rights Reserved