Yamaha New Jupiter MX Tes Ride





Yamaha New Jupiter MX Tes Ride. Kehadiran Yamaha New Jupiter MX memang langsung menimbulkan rasa penasaran mendalam bagi para penggemar bebek sporty khususnya pecinta Yamaha.

Betapa tidak, sejak kehadirannya di Jakarta Motorcycel SHow (JMCS) 2010 lalu, motor ini jadi bahan perbincangan di kalangan biker apalagi yang selama ini juga sebagai penunggang Jupiter MX.

Apasih kelebihannya di generasi terbaru ini?

Ketika melihat secara langsung motor tersebut di booth Yamaha dalam gelaran JMCS 2010, semua pasti setuju bahwa New Jupiter MX kini hadir dengan desain serba meruncing.

Bentuk lampi senja di bagian depan berubah jadi sipit dipadu tarikan garis-garis tegas yang menyiku pada bagian muka. Beranjak ke sisi kiri dan kanan, New Jupiter MX juga hadir makin futuristik. Di bagian ini sepintas memang tak jauh berbeda dibanding Jupiter MX lawas, tapi ketika diperhatikan detil-detilnya, sudut-sudut lancip menghiasi bodi samping.

Urusan tampilan belakang Yamaha berupaya mengikuti tren motor bebek anak muda yang kerap kali membuat gelap lampu belakangnya. Karena itu stop lamp dirancnag ulang sekaligus dimodifikasi dengan teknik smoke lamp.

Tampang sudah oke, lalu seperti apa kekuatannya? Kesempatan untuk menjajal New Jupiter MX pun okezone dapatkan, Kamis (25/11/2010). Bertempat di Sirkuit International Sentul, Jawa Barat, tentu menjadikan New Jupiter MX bisa di gas pol untuk mengetahui kehebatannya.

Nyemplak diatsa bebek bermesin 134,4 cc 4-tak SOHC liquid cooled, rasanya masih sama dnegan ketika menunggangi Jupiter mX generasi sebelumnya. Riding position pun sama saja, sehingga tak membutuhkan adaptasi khusus untuk sebelum menggeber bebek sport berkekuatan 12,52 PS dengan torsi 12,14 Nm itu.

Saat dijajal di trek lurus, New Jupiter MX bisa meladeni hingga kecepatan 110 km/jam. Sayangnya ketika timbulkeinginan untuk habis-habisan memutar gas, sepertinya kecepatan motor mentok diangka jarum speedometer kisaran 110-115 km/jam. Kondisi ini berbeda dibanding Jupiter MX sebelumnya yang bisa tembus hingga ke kecepatan 120 km/jam.

Namun memasuki tikungan demi tikungan sirkuit kebanggan Indonesia ini, handling New Jupiter MX terasa lebih baik. Hal itu mungkin akibat penggunaan ban berukuran 70/90-17 didepan dan 100/70-17 pada bagian belakang. Ukuran ini sedikit naik dibandingkan Jupiter MX terdahulu. Namun perlu catatan, ukuran ben tersbeut hanay tersedia untuk New Jupiter MX tipe kopling manual, sementara yang varain autoclutch masih dipersenjatai ukurna ban yang sama dengan Jupiter MX lama.

Dijajal dengan teknik engine brake, New Jupiter MX juga terasa lebih nyaman. Padahal mesin yang digunakan masih serupa pun dengan rangka tipe diamond yang sama dnegan Jupiter MX terdahulu. Akselerasi dari kondisi moto diam juga terasa cukup responsif.

Satu hal yang menurut okezone menjadi nilai tambah penting untuk New Jupiter MX adalah keberadaan rear disk brake. Piranti penahan laju ini eakan membuat biker lebih pede karena bisa mendapatkan pengereman yang lebih presisi.

Jadi, jika desain bodi sudah oke, mesin pun memiliki banyak perubahan dibanding generasi sebelumnya, kini tinggal strategi YMKI untuk menentukan berapa banderol untuk bebek anyarnya itu.

0 komentar:

Post a Comment

 

blog-warta.blogspot.com. Copyright 2012 All Rights Reserved