Kota-kota yang Diusulkan Jadi Ibukota





Wacana pemindahan Ibukota atau pusat pemerintahan berkembang di setiap masa pemerintahan. Sejak era Presiden Soekarno, Soeharto sampai terakhir Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, wacana ini terus berkembang tanpa pernah direalisasikan.

Dalam buku berjudul 'Soekarno & Desain Rencana Ibu Kota RI di Palangkaraya' karya Wijanarka disebutkan, dua kali Bung Karno mengunjungi Palangkaraya, Kalimantan Tengah -- untuk melihat langsung potensi kota itu menjadi pusat pemerintahan.

Wacana pemindahan ibu kota Indonesia ke Kota Palangkaraya juga pernah diungkapkan Presiden pertama RI Soekarno. Saat meresmikan Palangkaraya sebagai ibu kota Provinsi Kalteng pada 1957, Soekarno ingin merancang menjadi ibu kota negara.

Palangkaraya, kota yang pernah diidamkan Bung Karno sebagai ibu kota, memiliki luas mencapai 2.678,51 km persegi. Bandingkan dengan luas Jakarya yang 661,52 km persegi. Selain itu, tak ada gunung api di sana. Palangkaraya juga jauh dari potensi gempa.

Sementara Teguh Juwarno, Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat, kepada VIVAnews menyatakan Banjarmasin, Kalimantan Selatan, lebih cocok. Menurut politisi Partai Amanat Nasional itu, Banjarmasin lebih berada di tengah dan lebih siap infrastrukturnya dibanding Palangkaraya.

Namun kemarin, Rabu 28 Juli 2010, anggota Komisi II dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Aria Bima, menyatakan Pontianak sebagai pilihannya. "Saya sih berharap pindah ke Pontianak,” kata Bima. “Letak Pontianak itu kan pas tengah dan pusatnya Indonesia. Saya kira yang seperti sentral Jakarta dan pakubuminya, ya di Pontianak itu,” kata Aria Bima.

Namun Yayat Supriyatna, planolog dari Universitas Trisakti, Jakarta, tak setuju dengan model pemindahan ibukota. Yayat lebih mendukung model redistribusi. Beberapa instansi pemerintahan dipindahkan dari Jakarta. "Misalnya ke Jonggol, Karawang, Kalimantan," katanya kepada VIVAnews, kemarin. Dengan begitu, kata Yayat, biaya bisa ditekan dan tujuan meredistribusi pembangunan juga tercapai.

Bagaimana dengan Anda?

18 komentar:

arie... on July 29, 2010 at 4:36 PM said...

mantebz nih. . . Moga ajja ke semarang. . Hehe. . . Kunjung balik ya. . .

Anonymous said...

Sudah lah mendinggan di JKT saja ngapain ngebuang2 duit mendiggan perbaik saja yang ada biar lebih bagus dan lebih modern gitu coy....

Roy Dear Sumbayak on July 29, 2010 at 8:41 PM said...

ke medan aja di pindahin ,,,,,hehehehe

Roy Dear Sumbayak on July 29, 2010 at 8:43 PM said...

di pindahin aja k Medan ,,,hehehee

willet on July 29, 2010 at 9:18 PM said...

pindah ke surabaya aja deh..
kan strategis, ga kalah dg jakarta.
ya kan??

mtib sumbar on July 29, 2010 at 11:56 PM said...

infoemasi pembebasan tanah untuk pembangynan masjid
http://mtibsumbar.blogspot.com/

Anonymous said...

mendinga papua aja tuh .... kan jauh dari tangan pemerintah. supaya maju

kl jakarta kan udah maju ... sambil memperbaiki tatanan kota lah. kl papua udah oke n banyak gedung2 ky jakarta. baru pindah lg ke ntt. gitu!!! he he. y moga j yang terbaik.

Angga on July 30, 2010 at 5:01 AM said...

mantapp gan info nya

Anonymous said...

jangan di Jawa deh! udah padet gitu...tar lagi juga bakalan macet total kan? makanya, enakan di kalimantan aja, coz udah luaaas, SDA banyak, belom tercemar, cocok bikin pabrik disitu..
hehe palingan si malay barat kaga bisa lagi keluar masuk kalimantan lagi :P

Christine Zone on July 30, 2010 at 7:52 AM said...

Klo saia, pindahin k Medan aj ;)

anehboy on July 30, 2010 at 9:27 AM said...

gw sih stuju di jonggol , coz dulu emang pas jaman soeharto pernah mo direncanain jadi ibukota, bahkan maketnya dah ada, tp gw stuju jg ama bang yayat

Anonymous said...

setuju
pindah ke kalimantan aja
jadi ke indonesia timur ato sumatra dekat, begitu juga kalo mau ke LN
sekalian biar semua penduduk Indonesia bisa dapat rumah... kan kalimantan luas bgt...ga perlu kayak di jakarta yg kumuh

neo ovo on July 30, 2010 at 7:15 PM said...

pindahan kemana aja ga masalah, Yang penting Indonesia maju...
Internet Gratis n Berita Lewat

FUKYU PTC on July 30, 2010 at 7:16 PM said...

semoga ibukota ga pindah ke tempat ane, males tiap hari liat banyak orang koruptor dan demo apalagi banyak karnaval iring2an pemerintah :p

Anonymous said...

ke mana aja boleh, asal jangan kayak jakarta lagi.

blog berita dan bisnis on July 30, 2010 at 8:17 PM said...

pontianak is ok

Anonymous said...

Palangkara aja. LUASSSSSSSSSSSSS

Anonymous said...

Kalo gak setuju ibukota pindah, pindahin tuh pabrik-pabrik keluar jawa jangan semua di jabotabek. Apa kalo pabrik dibangun diluar jawa gak bakal jalan tuh pabrik. Kalo ini gak setuju juga, tunggu aja Jakarta ambles dan gunung karatatau, gunung gede meletus.

Post a Comment

 

blog-warta.blogspot.com. Copyright 2012 All Rights Reserved