Sensasi Yamaha New Jupiter MX





Sensasi Yamaha New Jupiter MX. Yamaha akan meluncurkan Jupiter MX terbaru pada 28 November 2010 nanti. Mampukah New Jupiter MX mendongkrak citra MX di Indonesia?

Sebelum menjajal performa motor baru ini, sebaiknya kita ulas dulu perbedaan New Jupiter MX dengan Jupiter MX versi lama.

Secara keseluruhan bodinya tampak berubah. Desain headlamp lebih besar dan desain spedometer membulat berbeda dengan versi lama yang melebar.

Sayap atau fairing juga terkena imbas. Tampilannya kini terlihat lebih lebar dari yang lama. Sementara bagian buntut lebih lancip. Termasuk rumah lampu berhenti kini yang mengadopsi desian smoke lamp yang mengisyaratkan jiwa muda.

Melongok ke bagian mesin New Jupiter MX kopling. Sistem transimisi naik menjadi 5 percepatan, versi lama hanya 4 percepatan. Yamaha menyediakan 2 tipe New Jupiter MX 4 percepatan non-kopling dan 5 percepatan kopling.

Untuk New Jupiter MX 5 percepatan kopling, peningkatan gigi transmisi tersebut diklaim Yamaha diringi dengan tenaga yang jauh lebih baik. Sehingga dinilai lebih sporty.

"Dengan perubahan mesin menjadi 5 percepatan tenaganya kini lebih baik," kata Public Relation & Corporate Communication PT Yamaha Motor Kencana Indonesia Indra Dwi Sunda di sela-sela test ride New Yamaha Jupiter MX, Kamis (25/11/2010).

Perubahan juga terjadi pada bentuk mesin. Salah satunya tali kopling Jupiter MX yang tadinya ada di bagian kanan mesin, kini pindah ke bagian kiri mesin.

Bentuk improvement lainnya yang dilakukan Yamaha adalah penambahan pengatur rantai. Dengan itu, posisi ban dan rantai lebih presisi. Komponen tersebut biasa tersematkan pada motor balap motorGP.

Mesin dihidupkan, raungan mesin New Jupiter MX 5 percepatan terdengar halus. Kondisi itu sama dengan Jupiter MX versi lama. Tarik tuas kopling dan masukan ke gigi 1. Tampilan spedometer kini 1,N,2,3,4,5.

Motor pun di arahkan ke sirkuit Sentul. Sejak gigi 1 mesin 135 cc DOHC memang lebih reponsif. Sesuai klaiman Yamaha. Gas pun dipelintir lebih dalam untuk mendapatkan kecepatan tinggi.

Hasilnya cukup menakjubkan. Untuk mencapai kecepatan 100 km/jam, motor tersebut cukup dengan gigi 3.

Seterusnya detikOto cukup rileks untuk mendapat kecepatan tinggi hingga ke gigi 4 dan 5. Tidak ada gelaja yang aneh. Mesin masih normal hingga jarum spedometer menyentuh angka 115 km/jam.

Kami melahap 4 lap sirkuit Sentul. Uniknya handling New Jupiter MX cukup baik.

Kaki-kaki tergolong mumpuni meski kedua kaki-kaki mengusung suspensi model lama. Hanya saja suspensi depan terlalu empuk.

Namun pengereman motor baru ini lebih sempurna dengan sistem pengereman disc brake pada ban belakang, terlebih Yamaha telah menyematkan ban lebar 100/70/17 dengan pelek 250 pada belakang, sementara ukuran ban dan pelek depan sama dengan versi lama.

Nah Anda penasaran dengan motor bebek satu ini. Tunggu saja harga resminya pada Minggu besok. Baca Juga Yamaha New Jupiter MX Tes Ride

1 komentar:

Anonymous said...

mesinnya DOHC apa SOHC?
bisa ngak mesinnya di aplikasikan k yg lma

Post a Comment

 

blog-warta.blogspot.com. Copyright 2012 All Rights Reserved