Survei: Kualitas Ford Lebih Baik dari Toyota





Produsen mobil Amerika Serikat untuk pertama kalinya bisa mengalahkan Jepang dalam survei kualitas kendaraan JD Power, yang dirilis Kamis, 17 Juni 2010.

Survei yang sangat berpengaruh di AS ini mengunggulkan Ford dalam hal kualitas kendaraan dibandingkan Toyota dan Honda, yang selama ini mendominasi merek mobil non-mewah.

Dalam survei itu, untuk kali pertama dalam tahun ini, jumlah rata-rata keluhan masalah per 100 mobil baru produksi lokal AS pada 90 hari pertama kepemilikan, lebih rendah dibandingkan mobil impor Jepang. Keluhan masalah mobil impor sebanyak 109 keluhan, sedangkan mobil lokal 108 keluhan.

"Mobil domestik telah membuat langkah yang mengesankan dengan terus meningkatkan kualitas kendaraan, terutama sejak 2007," kata David Sargent, wakil presiden penelitian kendaraan global di JD Power. "Mobil lokal pada tahun ini rata-rata berkurang 4 masalah."

"Tahun ini bisa menandai titik balik bagi merek AS ketika mereka terus berjuang melawan perang persepsi negatif," ujar dia.

Ford Motor Co memiliki peringkat kualitas tertinggi dari seluruh produsen AS. Pemilik merek biru oval ini menduduki posisi kelima dengan hanya memiliki 93 masalah dari 100 kendaraan baru. Tahun lalu, kualitas Ford berada pada urutan kedelapan.

Ford bukan satu-satunya produsen dalam negeri yang meningkat dalam peringkat tahun ini. General Motors Co memiliki 10 model dalam tiga segmen di atas mereka. Cadillac dan Chevrolet adalah merek GM yang memperoleh rating tertinggi, dengan 111 masalah per 100 kendaraan. Sedangkan Chevrolet memimpin dalam dua segmen.

Posisi yang mengejutkan adalah Chrysler Group LLC. Pemilik truk Ram mendapat komplain di bawah rata-rata industri, yaitu 110 masalah per 100 kendaraan. Meski demikian, salah satu merek mobil milik Chrysler, Dodge, tetap menduduki rating merek terburuk di AS.

Logo ToyotaSelain itu, yang mengagetkan lagi adalah Toyota. Peringkat kualitas kendaraan menurun dari posisi keenam menjadi 21. Total komplain pada tahun ini naik 16 menjadi 109 masalah dari 100 kendaraan baru.

Sedangkan Porsche adalah merek rating tertinggi, dengan 83 masalah per 100 kendaraan, dan Land Rover adalah yang merek terburuk, dengan 170 masalah.

Penelitian ini berdasarkan tanggapan lebih dari 82.000 pembeli dan penyewa mobil baru di Amerika Serikat. Mereka disurvei setelah kepemilikan tiga bulan yang dilakukan antara Februari dan Mei tahun ini.

Sebelumnya, penjualan mobil Toyota mengalahkan produk Amerika seperti General Motors dan Ford Motor di seluruh dunia, termasuk di Amerika. Kemudian, muncul peristiwa recall atau penarikan besar-besaran atas produk-produk otomotif Jepang

0 komentar:

Post a Comment

 

blog-warta.blogspot.com. Copyright 2012 All Rights Reserved