Xacti CG20, Camcorder Dual Kamera yang Full HD





Sanyo merilis seri camcorder Xacti terbarunya bernama Sanyo Xacti VPC-CG20. Selain bisa digunakan untuk foto dan video, Camcorder 'sakti' tersebut kini memiliki resolusi full HD 1080p.

Pertama kali dibuka dari box dan diangkat detikINET, camcorder ini langsung nyaman dalam genggaman. Untuk ukuran camcorder tegak, menu-menu Xacti cukup mudah dijangkau jempol pengguna.

Dalam balutan warna emas dikombinasikan dengan warna hitam sebagai listnya, rasanya produk ini nampak tak terlalu mewah. Alhasil sekilas dilihat, orang pasti berpikir ini bukan 'barang mahal'. Desainnya memang tak terlalu eksklusif.

Bagaimana dengan fiturnya? Yang jelas kemampuan menampilkan resolusi full HD 1080p-nya menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen yang berminat terhadap produk ini. Apalagi dengan resolusi kamera sebesar 10 megapixel serta slot SDXC.


Desain & Tangan Kidal

Tak seperti model camcorder lain yang konvensional, bentuk Xacti CG20 memang cocok digenggam bagi pengguna bertangan kidal. Berbekal jempol kanan maupun kiri, tombol seperti rec, zoom, shutter, dan navigasi cukup bisa dijangkau dengan mudah. Untuk tombol power, lokasinya tersembunyi di samping body camcorer. Begitu LCD dibuka, camcorder pun langsung menyala diiringi suara sambutan.

Layaknya camcorder pada umumnya, Xacti CG20 juga memiliki dudukan tripod atau monopod di bagian bawah body tipisnya. Sementara posisi penempatan baterai, terletak di sisi kanan tertutup cover plastik. Meskipun kecil, baterai lithium ion 700mAh-nya sanggup diajak bekerja lebih dari dua jam untuk perekaman video.

Untuk urusan port, camcorder ini dibekali HDMI dan USB port di bagian bawahnya. Xacti CG20 juga dibekali port adaptor yang tersembunyi dibagian bawah panel navigasi.

Camcorder mulus berbalut cover gold ini pun dilengkapi charger baterai yang ada dalam box. Selain itu, dalam box juga masih ada kabel USB, power dan kabel A/V.

Performa

Pada dasarnya produk ini dapat berfungsi sebagai kamera foto dan kamera perekam. Sebagai kamera foto, produk ini memiliki sensor C-MOS, dengan setting resolusi mulai 2 megapixel (1600x1200) hingga 10 megapixel. Namun saat dijajal detikINET, setting kamera saku ini ternyata bisa digunakan hingga 11 megapixel (interoplasi 4480x2520).

Untuk pilihan setting White Balance, ada beberapa opsi seperti: sports, portrait, landscape, night, snow and beach, fireworks, dan lamp. Sementara untuk filternya, produk ini dilengkapi tiga pilihan filter: cosmetic, monochrome, dan sephia.

Dengan ISO mulai 50-400, kamera ini kurang nampak terang saat digunakan mengambil gambar dalam ruangan dengan pencahayaan minim. Lain halnya saat digunakan di outdoor dengan fitur white balancenya yang cukup lengkap.

Sebagai informasi, Xacti CG20 memiliki format video MPEG-4 AVC/H.264. Dengan format ini, camcorder ini bisa merekam mulai resolusi 640x480 (30 fps) hingga full HD 1920x1080 (60 fps).

Sebagai media perekamnya sendiri, produk ini mendukung SD Memory Card, SDHC Memory Card (up to 32 GB SDHC Memory Card), SDXC Memory Card (up to 64 GB SDXC Memory Card), dan memori internal yang hanya sekitar 30 MB.

Sebagai perbandingan, saat kita menggunakan kartu memori SD sebesar 8 GB, maka kita bisa merekam video full HD selama 1 jam. Sementara saat digunakan untuk melakukan foto, memori SD 8 GB mampu menyimpan sekitar 2000 foto dengan resolusi 11 megapixel.

Kesimpulan

Kecil dan nyaman digenggam. Mungkin itu adalah kata-kata yang pas digunakan untuk mendeskrepsikan produk ini. Saat LCD dibuka, produk berbobot 175 gram ini langsung menyala. Salah satu hal praktis yang bisa menjadi catatan.

Saat ditutup, Xacti CG20 sangat pas dimasukan ke saku celana jeans ataupun kantong kemeja. Dengan fitur-fitur diatas, produk ini dirasa cocok menemani anggota keluarga saat berlibur. Pasalnya segala pengoperasian camcorder ini sangat mudah digunakan bagi kelas pemula. Apalagi hal itu didukung dengan harganya sebesar Rp 2.450.000.

Kelebihan:
+ Ringan
+ Nyaman digenggam

Kekurangan:
- LCD kurang besar

Baca Juga Spesifikasi Dan Harga Camcorder Sanyo VPC-CA102YL dan juga Review Samsung Galaxy S

0 komentar:

Post a Comment

 

blog-warta.blogspot.com. Copyright 2012 All Rights Reserved